Rabu, 11 September 2019

5 Makanan Khas Spanyol Yang Harus Kamu Coba JIka Berkunjung Kesana

0 komentar
5 Makanan Khas Spanyol Yang Harus Kamu Coba JIka Berkunjung Kesana

Basque Country adalah sebuah daerah otonom di utara Spanyol yang populer di kalangan pecinta kuliner dalam beberapa tahun terakhir.

Wilayah yang biasa disebut Euskal Herria oleh masyarakat lokal ini terletak di Spanyol utara berbatasan dengan barat daya Perancis, dekat Teluk Biscay dan Pegunungan Pyrenees Barat.

Menurut sebagian besar ahli sejarah, Basque merupakan salah satu kelompok etnis tertua di Eropa. Basque memiliki bahasa, tradisi dan kulinernya sendiri.

Makanan selalu menjadi prioritas utama bagi masyarakat Basque Country dan apresiasi terhadap warisan gastronomi mereka diwujudkan dengan antusiasme untuk menemukan metode memasak, ide-ide baru, dan kombinasi bahan-bahan masakan.

"Masakan Basque terus berkembang, selalu ada penambahan bahan-bahan, rasa dan teknik baru yang menyempurnakan resep yang telah diwariskan dari generasi ke generasi sejak berabad-abad yang lalu," ujar Chef Oskar Urzelai, seorang koki berkebangsaan Spanyol yang mengelola Restoran Txoko Jakarta.

Berikut 5 makanan khas Basque Country, Spanyol:

1. Garlic Prawns pret-a-Porter

Hidangan khas Basque ini terbuat dari daging udang mentah yang diiris tipis dan dibakar dengan blow torch bersama bumbu bawang putih.

2. Grilled Octopus with Boletus Cream

Gurita yang dipotong-potong dan dibakar dengan ditemani oleh krim Boletus berwarna abu-abu, yang merupakan saus berbasis jamur, sebagai pelengkap protein utama hidangan ini.


3. Black Rossejat with Seafood

Hidangan mie hitam yang dimasak dengan tinta hitam dari cumi-cumi dan ditambah berbagai makanan laut segar yang gurih. Tidak hanya ditambah makanan laut, topping untuk hidangan ini dapat diganti dengan lauk lainnya, seperti ayam, iga dan ikan.

Black Rossejat biasanya dinikmati dengan saus Ali Oli khas Basque yang berwarna cokelat terang.


4. Beef Striploin Salad

Seperti salad pada umumnya, hidangan ini diisi oleh banyak sayuran dan paprika merah. Perbedannya terletak pada daging sapi striploin yang dipotong kecil-kecil. Uniknya, salad ini menggunakan popcorn gurih yang tidak memakai bumbu berempah.

5. Vegetarian Red Carpaccio

Hidangan ini cocok untuk vegetarian karena semua bahannya berasal dari sayur dan buah. Keunikan dari hidangan ini terletak di buah semangka yang dipotong dengan bentuk yang menyerupai daging sapi.

Kelima hidangan ini dapat ditemukan di Restoran Txoko Jakarta yang merupakan restoran Spanyol yang memiliki spesialisasi dalam masakan Basque.

Penulis Ni Putu Dinanty

0 komentar:

Posting Komentar