Sabtu, 15 Februari 2020

Anda Akan Menggunakan Reimburse? Yuk Ikuti Prosedur Klaim Polis Ini

0 komentar


Perusahaan asuransi jiwa Prudential, memiliki cara yang ketat untuk mengklaim asuransinya. Untuk cara klaim asuransi Prudential bisa dilakukan dengan menggunakan metode pembayaran cashless atau reimburesement. Jika anda berniat untuk menggunakan metode reimbursement, untuk mendapatkan manfaat maksimal, berikut ini adalah beberapa hal dan prosedur klaim yang perlu anda ketahui dan ikuti agar pengajuan klaim anda diterima.

Mengenal Istilah Reimbursement
Jika diterjemahkan secara gamblang, reimbursement berarti pengembalian. Dalam dunia asuransi istilah reimbursement adalah metode pembayaran dimana nasabah harus menanggung segala biaya dan tanggungan perawatan rumah sakit terlebih dahulu. Pihak Prudential akan segera membayar segala biaya dan tagihan yang sudah anda keluarkan kepada anda, setelah pengajuan claim selesai dan cair.

Dokumen Yang Perlu Diserahkan Kepada Pihak Prudential Untuk Rawat Inap
Tentu saja akan dibutuhkan beberapa dokumen sebagai syarat untuk menyelesaikan proses dan cara klaim asuransi Prudential. Untuk metode pembayaran reimbursement khususnya, anda perlu menyerahkan Surat Keterangan Dokter (SKD) asli bukan salinan. Surat keterangan tersebut berisi keterangan laporan medis anda yang harus diisi khusus oleh dokter yang merawat anda. Surat ini harus dilengkapi dengan tanda tangan dokter dan juga cap asli Rumah Sakit.

Kemudian, anda juga membutuhkan sebuah dokumen berupa formulir dari Prudential. Formulir itu berisi klaim penggunaan layanan rumah sakit yang perlu anda isi dan tanda tangani. Formulir yang anda serahkan harus yang asli. Dokumen lainnya yang perlu disertakan adalah kwitansi pembayaran asli yang anda dapat dari rumah sakit, beserta seluruh rincian biaya perawatan. Untuk melengkapi cara klaim asuransi Prudential, anda juga perlu beberapa dokumen lainnya.

Prosedur Klaim Asuransi Kesehatan Dengan Reimbursement Rawat Inap
Berbeda dengan menggunakan metode cashless, jika anda menggunakan metode reimbursement, maka anda wajib membayar terlebih dahulu. Di saat anda masuk rumah sakit, sebelum anda mendapat pelayanan rawat inap, pendaftaran dan pembayaran uang muka harus dilakukan di Administrasi rumah sakit. Kemudian anda bisa segera mendapatkan pelayanan rawat inap, sesuai dengan kondisi kesehatan dan kebutuhan anda.

Sekali lagi disampaikan, bahwa metode ini mengharuskan anda untuk membayar seluruh biaya dan tagihan terlebih dahulu. Karena itu, sesaat anda sudah diizinkan untuk pulang dan keluar dari rumah sakit, maka anda perlu membayar biaya perawatannya. Sebagai syarat cara klaim asuransi prudential, simpan seluruh kwitansi dan informasi pembayaran yang anda dapat. Dan juga minta dokter anda untuk mengisi Surat Keterangan Dokter yang anda miliki.

Prosedur Klaim Asuransi Kesehatan Dengan Reimbursement Non Rawat Inap
Dalam klaim asuransi non-rawat inap, biasanya reimburesement digunakan sebagai santunan meninggal dunia. Anda bisa mendapatkannya dengan menyiapkan polis asli dan juga formulir klaim. Tidak lupa, perlu disertakan surat keterangan kematian dari pemerintah setempat. Kemudian, ada juga Surat Keterangan Dokter asli berisi informasi pasien meninggal dunia dengan cap asli rumah sakit. Diikuti pula dengan salinan catatan medis dan resumenya.

Salinan hasil pemeriksaan medis, seperti hasil laboratorium dan radiologi juga perlu disertakan sebagai syarat cara klaim asuransi Prudential. Dilengkapi dengan salinan kartu identitas tertanggung, pemegang polis dan ahli waris. Jika meninggal karena kecelakaan melibatkan polisi, maka surat berita acara kepolisian juga perlu disertakan. Bukti identitas ahli waris dan beberapa dokumen lain dari Prudential, mungkin saja perlu ditambahkan.

Itulah prosedur klaim asuransi dengan cara pembayaran reimbursement. Metode ini mewajibkan anda untuk menanggung semua biaya terlebih dahulu, nantinya Prudential akan menggantinya. Dalam hal ini, disarankan untuk menabung secara konvensional saja. Karena dengan adanya tabungan, anda tidak perlu repot mengurus klaim dan menantikan penggantian biaya dari pihak asuransi. Selain itu, tabungan anda bisa digunakan kapanpun dibutuhkan.  





0 komentar:

Posting Komentar