Selasa, 11 Februari 2020

Yuk Simak Dan Coba Membuat Custom Sepatu Selop Ala Dirimu Sendiri

0 komentar

Yuk Simak Dan Coba Membuat Custom Sepatu Selop Ala Dirimu Sendiri

Memiliki sepatu custom dengan desain dan motif yang sesuai dengan kesukaan pribadi memang keren dan asik. Tapi dibalik itu, ada tarif yang tidak selalu ramah di kantong. Jika hal ini terjadi pada anda, mungkin saja solusi alternatif yang bisa anda pilih adalah melakukan custom sepatu selop anda sendiri. Untuk membantu anda, berikut ini adalah runtutan cara melakukan custom sepatu yang bisa anda ikuti.

Inilah Runtutan Cara Melakukan Custom Sepatu Yang Wajib Anda Ikuti

1. Persiapkan sepatu dan semua alat yang diperlukan
Yang pertama siapkan sepatu, cat, kuas, kertas atau koran, palet cat dan spidol hitam. Pastikan anda sudah memiliki sepatu selop. Sepatu selop adalah pilihan terbaik untuk pemula, karena memiliki model yang simpel tanpa adanya tali. Kemudian, pastikan anda sudah memiliki semua warna cat akriliki yang anda inginkan. Lebih disarankan untuk membeli warna dasar saja, karena nanti anda bisa mencampurnya untuk membuat warna baru dan menghemat biaya.

Untuk melukis sepatu, anda akan membutuhkan kuas kecil dan padat. Biasanya kuas dengan bahan nylon adalah kuas yang sering dipakai untuk melukis di media yang kecil. Anda bisa menggunakan koran bekas sebagai alas agar cat custom sepatu selop anda tidak mengenai lantai. Kemudian, sediakan palet cat untuk mencampur dan meletakkan cat. Dan juga, anda memerlukan spidol hitam anti air dengan ujung lancip untuk finishing desain sepatu anda.

2. Memberikan warna dasar sepatu anda
Cat sepatu anda dengan warna dasar. Hal ini dilakukan agar hasil akhir akan terlihat lebih rapi, tidak retak dan tahan lama. Anda bisa menggunakan sedikit thinner untuk sepatu berwarna putih. Sepatu warna hitam perlu beberapa kali pelapisan cat dasar untuk menghasilkan warna yang lebih menonjol. Anda juga perlu mengecat seluruh permukaan sepatu dengan rata agar permukaan menjadi lebih halus dan memberikan hasil lebih bagus.

3. Mulai curahkan kreatifitasmu
Tunggu lapisan cat dasar mengering sepenuhnya. Kemudian, anda bisa melukiskan desain yang anda inginkan. Ada baiknya, sebelum anda melakukan pelukisan pada sepatu, anda membuat sketsa gambar terlebih dahulu. Pada custom sepatu selop, anda bisa memberikan sketsa atau pola secara tipis langsung di atas cat dasar. Anda juga bisa menggunakan kertas transfer dimana anda hanya perlu mencetak gambar yang sudah ada di kertas tersebut.

Jika sketsa yang anda inginkan sudah jadi, anda bisa mewarnai pola sketsa tersebut dengan cat akrilik anda. Lakukan pewarnaan dan pelukisan pola secara perlahan dan hati-hati, sehingga tidak keluar dari garis atau merubah bentuk sketsa. Hal ini akan membuat hasil akhir dan finishing terlihat lebih indah. Anda bisa mencampurkan cat akrilik dengan air untuk menghasilkan warna yang lebih halus. Jika sudah, tunggu hingga cat mengering. 

4. Finishing dan Varnishing
Setelah cat kering, anda bisa menggunakan spidol hitam anti air untuk mempertajam gambar dengan memberikan garis luar pada desain anda. Selain mempertajam gambar, lukisan anda juga bisa terlihat lebih rapi. Setelah cat dan spidol sudah kering, anda bisa menyelesaikan custom sepatu selop anda dengan melapisi sepatu menggunakan cairan varnish. Varnish akan membuat warna cat terlihat lebih cerah, mengkilap dan tahan lama.

Dengan menyelesaikan keempat tahapan tersebut, maka sepatu costum ala anda sendiri sudah selesai. Mungkin saja hasil akhir yang anda peroleh tidak terlihat sebagus hasil custom dari perusahaan jasa. Namun, perlu diketahui bahwa memang melakukan custom sepatu membutuhkan keahlian melukis dan menggambar yang baik. Bagaimanapun, hasil akhir dari custom sepatu anda adalah hasil kreasi anda sendiri dan anda berhak untuk bangga akan hasilnya.  

0 komentar:

Posting Komentar